Masyarakat Pesisir dan Nelayan Diminta Waspada Ancaman Angin Kencang

  • Bagikan
ILUSTRASI : angin kencang di pinggir pantai. (www.freepik.com)
ILUSTRASI : angin kencang di pinggir pantai. (www.freepik.com)

BABELHITS.COM, BANGKA BARAT – Mengingat cuaca saat ini tak menentu dan berubah secara tiba-tiba, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Barat (Babar) mengimbau warga pesisir dan nelayan, tetap waspada terhadap ancaman badai atau angin kencang.

Kepala BPBD Bangka Barat, Achmad Nursandi mengatakan, dengan kondisi cuaca seperti para nelayan masyarakat di pesisir tetap waspada, terutama nelayan harus memperhatikan keselamatan selama beraktivitas di tengah laut.

“Untuk masyarakat pesisir maupun nelayan agar berhati-hati terhadap ancaman terpaan angin kencang. Berdasarkan mata angin yang harus diperhatikan di sebelah Barat atau di perairan sekitar Tanjung Ular Mentok, di sana angin lumayan cukup kencang,” kata Sandi sapaan akrabnya, Selasa (12/12/2023).

Namun, ditambahkannya, untuk wilayah di sekitaran Pelabuhan Tanjung Kalian relatif aman angin. Sedangkan, untuk kondisi tinggi gelombang laut di perairan Bangka Barat dikategorikan tenang.

Merujuk pada tabel prakiraan harian tinggi gelombang di website BMKG, untuk perairan yang dikategorikan tenang ialah perairan yang memiliki tinggi gelombang berkisar antara 0,1 sampai 0,5 meter.

“Meskipun gelombang laut masih relatif aman, tapi tetap kami himbau nelayan khususnya untuk menyesuaikan diri. Karena ada sejumlah titik itu anginnya kencang. Intinya, persiapkan alat keselematan melaut,” ucapnya. (**)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *