Angka Kecelakaan Meningkat di 2023, Ada 33 Orang Meninggal Dunia di Jalan Bangka Barat

  • Bagikan
Ilustrasi kecelakaan mobil tabrakan/pixabay.com.
Ilustrasi kecelakaan mobil tabrakan/pixabay.com.

BABELHITS.COM, BANGKA BARAT — Satuan Lalulintas Polres Bangka Barat mencatat sepanjang tahun 2023, ada 51 insiden kecelakaan lalu lintas terjadi di wilayah hukumnya. Dari data itu, 33 orang meninggal dunia, 27 orang luka berat dan luka ringan 31 orang.

“Perbandingan tahun 2023 dengan 2022 lalu, mengalami peningkatan,” kata Kasatlantas Polres Babar Iptu Widi Tupilia melalui Ps Kanit Gakkum Bripka Firman, Senin (11/12/2023).

Sedangkan, kasus lakalantas di tahun 2022 hanya tercatat 40 kasus. Dengan korban meninggal dunia sebanyak 29 orang, luka berat 21 dan luka ringan 29 orang. Sejauh ini, hasil penyelidikan dan penyidikan, kasus lakalantas di Babar disebabkan beberapa faktor.

“Pertama faktor human error, pengendara tidak mengikuti etika berlalulintas yang baik. Hal ini menyebabkan terjadinya lakalantas. Faktor lain, kendaraan dari pengemudinya sendiri seperti fungsi ban, rem dan lainnya,” ujarnya.

Kata Firman, ditambah kondisi ruas jalan dan cuaca juga menjadi salah satu faktor berikutnya, sehingga kasus lakalantas di Bangka Barat mengalami peningkatan.

Terlebih, saat ini sedang berlangsung musim penghujan sehingga ruas jalan menjadi licin sehingga kendaraan rentan kecelakaan.

“Didominan, human error pengendara yang berusia produktif 20 sampai 30 tahun. Ke depan kami akan melaksanakan program mengedukasi ke sekolah dan masyarakat agar mereka mengikuti etika atau aturan lalu lintas dan lain sebagainya,” ucapnya. (Babelhits.com/Yuranda).

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *