Pengenalan Aplikasi BEDEPUR, Inovasi Disperindag Kabupaten Bangka Layani Standarisasi Timbangan bagi Pelaku Usaha

  • Bagikan
Bangka.go.id/Lewat SI BEDEPUR, Pemkab Bangka Layani Standarisasi Timbangan

Babelhits.com, Sungailiat – Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) resmi meluncurkan aplikasi Berniaga Tertib Ukur (SI BEDEPUR), Kamis (4/7/2024) di Ruang Pertemuan Parai Tenggiri Kantor Bupati Bangka.

 

Aplikasi BEDEPUR merupakan inovasi yang dibuat untuk mempermudahkan bagi pelaku usaha berniaga dalam mendapatkan sertifikat kelayakan alat timbangan maupun yang lainnya, baik untuk pelaku usaha skala besar maupun berskala kecil.

 

Plt. Asisten Administrasi Umum Restunemi dalam acara peluncuran ini mengatakan, inovasi BEDEPUR diharapkan dapat betul betul bisa berkelanjutan dan tidak hanya sampai disini saja.

Bangka.go.id/Lewat SI BEDEPUR, Pemkab Bangka Layani Standarisasi Timbangan

“Kami berharap aplikasi ini harus digunakan dengan sebaik baiknya karena ini merupakan salah satu bentuk pelayanan publik kepada masyarakat, kami meminta mari kita bersama sama untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka ini,” kata restunemi.

 

Diakui restunemi, bahwa sejak UPT Metrologi Legal dan Pengelolaan Pasar ini berdiri layanan kemetrologian di Kabupaten Bangka ini belum dapat dilaksanakan secara optimal.

 

“Oleh sebab itulah kami berharap dengan adanya inovasi ini nantinya bisa meningkatkan pelayanan publik kita ke masyarakat.

 

Dengan adanya aplikasi ini, berbagai masalah maupun hambatan hambatan tersebut dapat dilalui secara bertahap,” tutur restunemi.

 

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Asep Setiawan menjelaskan, ada aturan terbaru untuk penghapusan restribusi bagi pelayanan metrologi dan tera ulang untuk perusahaan.

 

“Ini merupakan bagian persyaratan untuk dilegalkan dan terperiksa setiap tahunnya serta dilihat kembali standarisasi timbangan timbangan yang digunakan oleh para pelaku niaga,” jelas Asep.

 

“Aplikasi SI BEDEPUR ini juga menggandeng atau bekerjasama dengan Diskominfo Bangka, semoga aplikasi ini bisa mengakomodir pelayanan tera ulang bagi pelaku niaga maupun konsumen untuk mendapatkan hak nya selaku konsumen,” tutur Asep.

 

Untuk saat ini sosialisasi aplikasi BEDEPUR ini baru di perkenalkan ke-21 perusahan menengah ke atas yang ada di Kabupaten Bangka dan ini akan terus disosialisakan hingga ke pelaku niaga menengah ke bawah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *