Inovasi Blue Green Babelku Dinilai Berhasil, Pepaya California Jadi Salah Satu Komoditas Unggul

  • Bagikan
Babelprov.go.id/Blue Green Babelku Panen Pepaya California

Babelhits.com, Pangkalpinang – Untuk ke sekian kalinya, penanaman tanaman holtikultura yang dikembangkan di lahan kosong di sekitar halaman kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung tumbuh dengan subur hingga dapat dipanen bersama.

 

Kali ini, Blue Green Babelku yang digerakan oleh salah satu ASN di Biro Organisasi Setda Pemprov Babel, Erifan, memanen buah Pepaya California, Kamis (6/6/2024).

 

Berbagi hasil panen ini dilakukan langsung oleh Plt Asisten II Hartono didampingi Asisten III, Yunan Helmi.

 

Erifan merasa bersyukur, bahwa hal kecil yang konsisten dilakukan terus-menerus tentu akan memberikan manfaat.

 

Terlebih, tanaman yang ia tanami ini tanpa menggunakan pestisida.

 

“Alhamdulillah, semoga semakin termotivasi dan menjadi inspirasi bagi yang lainnya untuk memanfaatkan lahan kosong tanah pekarangan kantor, rumah dan tempat-tempat sempit yang dapat diolah, ditata hingga ditanami dengan berbagai jenis aneka sayur-sayuran dan buah,” ungkap Erifan.

 

Babelprov.go.id/Blue Green Babelku Panen Pepaya California

 

Ia namakan Blue-Green merupakan anonim dari Budidaya Lahan Upaya Ekonomis-Gerakan Replikasi Ekosistem Elok dan Natural untuk menanam tanaman sayur yang higienis, tanpa pestisida, dan orisinil.

 

“Dengan hadirnya kegiatan Blue-Green, semula lahan-lahan yang belum termanfaatkan dapat bermanfaat serta bernilai ekonomis tinggi,” jelasnya.

 

Beberapa tanaman yang ia tanami di antaranya, cabai dan kacang panjang hasil dari inovasi Blue-Green.

 

Sesuai mottonya, menyehatkan masyarakat, menghijau-birukan Bangka Belitung.

 

“Panen pepaya california ini sudah ke-12 kalinya. Di mana, selain berbagi hasil panen, pepaya ini juga dijual, yang dimanfaatkan kembali untuk operasional biaya perawatan lahan.

 

Selain terus menggalakkan kegiatan ini, saya juga siap berbagi pengalaman untuk upaya menata lahan menjadi produktif,” imbuhnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *