Bukti Nyata PT Timah Serius Lakukan Pengelolaan Lingkungan, Mulai dari Reklamasi hingga Bersihkan Kawasan Wisata

  • Bagikan
Timah.com/Dari Reklamasi Hingga Bersih Kawasan Wisata, Langkah Konkrit PT Timah dalam Melakukan Pengelolaan Lingkungan

Babelhits.com, Pangkalpinang – Program pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan merupakan salah satu komitmen PT Timah dalam melaksanakan proses bisnis perusahaan yang dilaksanakan secara terintegrasi.

 

Berbagai program pengelolaan lingkungan yang inovatif dan berkelanjutan dilakukan diantaranya reklamasi, program penghijauan, program Hutan Kehati, dan rehabilitasi satwa liar dan satwa dilindungi.

 

Untuk reklamasi, PT Timah melaksanakan reklamasi di darat dan laut.

 

Bentuk reklamasi yang dilakukan di darat di antaranya ialah reklamasi dalam bentuk lainnya, penghijauan, penanaman pohon dan lainnya.

 

Sedangkan reklamasi laut yang dilakukan PT Timah diantaranya ialah penenggelaman artificial reef, restocking cumi, restocking kepiting bakau, penanaman mangrove, pemantauan kualitas air laut, pemasangan penahan abrasi dan lainnya.

 

Tidak hanya melaksanakan reklamasi, PT Timah juga terlibat aktif dalam program penghijauan yang dilakukan bersama komunitas, Pemerintah Daerah dan masyarakat.

 

PT Timah juga melaksanakan pengelolaan Hutan Keanekaragaman Hayati (Kehati) seluas 56,2 hektar yang dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau.

 

Program konservasi ini melibatkan upaya perlindungan spesies langka dan endemik, pemantauan keanekaragaman hayati secara berkala, serta kerjasama dengan lembaga konservasi sebagai upaya pelestarian lingkungan.

 

Anggota holding industri pertambangan MIND ID ini secara rutin melaksanakan kegiatan pengelolaan lingkungan bersama masyarakat, seperti membersihkan sampah di kawasan wisata dan fasilitas umum.

 

Tak hanya itu, PT Timah juga terlibat aktif dalam mendukung program pengelolaan sampah bersama masyarakat di Desa Air Limau, Kabupaten Bangka Barat.

 

Dalam melaksanakan pengelolaan lingkungan, PT Timah melibatkan kelompok masyarakat di wilayah operasional sebagai bentuk edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan serta mengajak mereka untuk berpartisipasi aktif dalam program lingkungan yang dijalankan oleh perusahaan.

 

Komitmen PT Timah dalam melakukan pengelolaan lingkungan juga ditandai dengan dalam kurun beberapa tahun terakhir ini PT Timah berhasil mempertahankan Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

 

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Anggi Siahaan mengatakan, PT Timah berkomitmen untuk melakukan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dengan melakukan inisiatif program pengelolaan lingkungan.

 

“Dengan berkolaborasi dan inovasi, PT Timah terus berupaya meningkatkan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Sehingga dampak dari penambangan dapat diminimalisasi dengan baik,” ucapnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *